Perbedaan Cloud Hosting VS Shared Hosting

Cloud vs Shared Hosting

Agar situs langsung bisa di akses di Internet, Anda memerlukan hosting web. Tetapi, bagaimana Anda memilih jenis hosting yang tepat untuk bisnis Anda? Dan apa perbedaan antara cloud hosting vs shared hosting?

Web hosting ada banyak pilihannya dan bisa rumit dan bagi pemula tentu sering kebingungan dan tidak tahu harus memilih yang mana yang cocok untuk Anda.

Di bawah ini saya selami perbedaan antara hosting cloud dan shared hosting. Ini adalah dua dari pilihan hosting yang paling umum dan sering digunakan oleh banyak pengguna diseluruh dunia. Ingat, tidak ada pilihan yang tepat untuk semua orang; jenis yang tepat untuk Anda tergantung pada kebutuhan situs web Anda.

Perbedaan Cloud VS Shared Hosting

 Ayo kita cari tahu Perbedaan Cloud VS Shared Hosting!

Apa itu shared hosting?

Shared web hosting adalah jenis solusi hosting termurah, paling populer dan paling banyak tersedia. Anda biasanya melihatnya diiklankan seharga $2.5 atau kurang perbulan untuk hosting luar dan untuk hosting indonesia lebih murah lagi karena biasanya di tawarkan hanya 10 ribuan per bulan.

Dengan shared hosting, satu server terbagi antara beberapa pengguna. Setiap pengguna akan mendapatkan jumlah bandwidth bersama. Namun, setiap pengguna juga dapat menempatkan situs dalam jumlah yang tidak terbatas pada akun mereka. Jadi server yang terpecah antara beberapa akun terkadang dapat menampung ribuan situs!

Ini berarti bahwa situs Anda dapat berkinerja buruk jika situs lain di server menggunakan terlalu banyak sumber daya. Namun, host web biasanya melakukan yang terbaik untuk mengurangi efek ini.

Cloud hosting lebih baik untuk situs yang lebih besar, sedangkan shared hosting dapat menjadi pilihan yang bagus untuk mereka yang memiliki anggaran sangat kecil atau bagi orang yang berencana menjaga situs mereka seminimal mungkin. Ini hanya cocok untuk website skala kecil yang hanya menampilkan profile dan tidak membutuhkan banyak pengunjung.

Apa itu cloud hosting?

Ingin tahu tentang hosting awan? Cloud hosting, atau cloud VPS hosting, memungkinkan Anda untuk menggunakan sumber daya dari beberapa server, daripada membuat situs Anda terbatas pada satu lokasi server. Ini membuat layanan cloud hosting sangat dicari.

Manfaat utama cloud hosting adalah memungkinkan ekspansi tanpa batas dan harus dimiliki oleh situs dengan lalu lintas pengunjung yang banyak dan padat. Cloud hosting juga memungkinkan perlindungan yang lebih besar sehingga server lebih aman dan tidak takut akan lonjakan pengunjung yang besar. Jika satu server kewalahan, situs Anda akan di alihkan ke server cloud lainnya, hal ini yang menjadikan situs Anda tetap aman dan tidak down.

Memang untuk harga sedikit lebih mahal dibanding dengan shared hosting tapi memang ini diperuntukkan bagi situs yang berkembang dan membutuhkan kinerja server yang handal dan tidak takut terjadi adanya down time.

Cloud Hosting vs Web Hosting: Yang mana yang harus Anda pilih?

Cloud hosting secara luas dipandang sebagai pilihan yang lebih baik untuk shared hosting karena kemampuannya untuk menangani sejumlah besar lalu lintas, peningkatan perlindungan keamanan, dan keandalannya.

Namun, tambahan ini memang dikenakan biaya, dan sebagian besar opsi hosting awan lebih mahal daripada paket hosting bersama. Tetapi jika Anda berencana untuk mengembangkan situs Anda dan Anda memerlukan situs dengan tingkat kinerja tinggi, keuntungannya maka cloud hosting mungkin akan menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan Anda.

Jadi, jika Anda baru memulai dan memiliki anggaran yang sangat kecil atau tidak ada, paket shared hosting mungkin merupakan pilihan yang baik untuk Anda dan jika situs Anda mulai berkembang maka saya sarankan menggunakan Cloud hosting. Dan pada dasarnya untuk pengguna indonesia tidak perlu khawatir karena ada banyak penyedia cloud hosting indonesia dengan harga murah.